Hello kawan semuanya,
Berikut
ini saya akan memulai dengan review mengenai Hyundai SantaFe. Review ini
diambil dari berbagai sumber yang akan disertakan di akhir.
Ksatria besar tak
terkalahkah layak disematkan untuk New Hyundai SantaFe. Jawara SUV ini berhasil
bertahan meski di tengah gempuran deras para competitor yang unggul di bidang penjualan,
tapi penilaian menyeluruh tetap menempatkan New SantaFe sebagai pemenang berkat
desain maksimal, performa mumpuni, fitur lengkap dan tentu saja value for money yang signifikan.
Bicara varian, New
Hyundai SantaFe memiliki 2 model, yaitu bensin A/T 2.400 cc, diesel 2.200 cc
CRDi A/T. Yang juara memang versi diesel mobil ini. Meski berkapasitas 2.199 cc
4-silinder sudah dilengkapi turbocharger. Ditunjang perangkat Variable Geometri
Turbo (VGT), New SantaFe CRDi mampu menghasilkan tenaga 197 dk dan torsi
maksimum 445 Nm. Dikombinasi transmisi otomatis 6-speed dengan pilihan
perpindahan manual, pengendara akan dimanja kesigapan mobil menyalurkan tenaga
ke roda depan. Handling mobil bongsor ini juga terbilang mudah dan
menyenangkan.
1)
Eksterior
New SantaFe 2016-Bali |
Desain eksterior Santa
Fe yang disebut Hyundai menganut gaya desain Fluidic Sculpture. Tekukan garisnya futuristik. Seperti terlihat
pada bentuk gril dan lampu depan xenon dengan proyektor. Desain bumper baru
yang membuat foglamp kanan-kiri terkesan menyatu oleh sebuah garis hitam di
tengah yang tipis. New SantaFe 2016 sudah punya cornering light yang bakal
menerangi sisi kiri atau kanan mobil tergantung ke arah mana setir dibelokkan,
seperti pada Nissan Teana 230JS V6. Selain itu, di bumper depan juga ada 4
titik sensor parkir yang bisa dimatikan jika anda merasa bunyinya mengganggu di
kabin. Gril hexagonalnya kini punya bilah krom dengan desain berefek 3 dimensi,
tapi jumlah chrome-nya pas, tidak overchrome
seperti kompetitornya. Tata letak bagian dalam headlamp-nya juga diatur ulang,
meski soal fitur lampu depan bisa dikatakan bagus karena memiliki lampu HID, DRL
LED dan cornering light.
New SantaFe 2016-Bali |
New SantaFe 2016-Bali |
Jangan sangka kalau
jatah bahan berkualitas itu hanya milik penumpang depan, karena penumpang
belakang turut mendapatkan doortrim
dengan bahan yang sama. Masih ada sih bahan plastik, tapi ditempatkan di sektor
yang jarang dilihat dan diakses oleh kita. Duduk di jok pengemudi kini lebih
enak, karena bisa diatur secara elektrik berikut lumbar support-nya. Tombol-tombol di
setir bisa untuk mengatur audio, cruise
control dan MID. Yang baru di SantaFe ini adalah driving mode selector yang bisa dipilih antara mode Eco, dan Sport.
AC-nya sudah dual zone climate control dengan layar digital, pastinya.
New SantaFe 2016-Bali |
3)
Mesin
Bicara tentang sektor
mesin, ketika kap mesin SantaFe dibuka, terlihat sudah memakai hidrolik, membuat
kompetitornya yang masih mengandalkan tongkat Mak Lampir untuk menyangga kap
mesinnya terasa kurang mahal. Di sinilah kita bisa menemukan mesin diesel CRDi
2.200 cc 4 silinder dengan Variable Geometry Turbo alias VGT yang sudah
direvisi untuk versi facelift.
New SantaFe 2016-Bali |
Di atas kertas, tenaga
dan torsinya begitu menggiurkan karena bisa mencapai 197 dk dan 445 Nm. SantaFe
hanya punya transmisi 6 percepatan dan dia tidak dilengkapi dengan stability control serta traction control, jadi bijak-bijaklah
mengendalikan 197 dk dan 445 Nm yang disalurkan mesin ke roda depan.
Disadur dari berbagai sumber:
http://www.autobild.co.id/read/2015/01/07/12213/61/19/Hyundai-Santa-Fe-The-Best-Big-SUV-di-Indonesia
Koran
otomotif
Edisi 41: XXV 18-24 Februari 2016
Nice & very helpful. Sangat membantu nih review nya
BalasHapusterima kasih sudah berkunjung.. silakan hubungi saya jika ingin konsultasi lebih lanjut :)
Hapus