Haloooo pembaca semuanyaa…
kembali lagi di sini setelah sekian lama ini blog tidak tersentuh..hehehe..maaf
banyak aktifitas lapangan soalnya.. nah, kali ini Eggy akan menulis review
tentang salah satu mobil Hyundai yang masuk di kelas MPV premium, yaitu Hyundai
H-1. Ada beberapa tipe H-1, seperti Elegance Gasoline (bensin), XG Gasoline
(bensin), XG CRDi (diesel), Royal Gasoline (bensin), Royal CRDi (diesel).
Secara eksterior bisa dibilang
mirip, yang berbeda adalah bagian interiornya, terutama pengaturan tempat
duduk. Untuk tipe Elegance, pengaturan tempat duduk dibuat untuk 12 orang; tipe
XG pengaturannya untuk 9 orang; tipe Royale memiliki pengaturan tempat duduk
untuk 8 orang dengan tipe tempat duduknya Ottoman.
Pada H-1 2016 ini, tenaga yang
dihasilkan mencapai 170 hp pada 3.800 rpm, sementara torsinya 40.0 kgm pada rentang
2.000 - 2.500 rpm. Berbekal pada teknologi tersebut, Hyundai mengklaim mesin
diesel 2.5 liter CRDi yang tersemat sanggup menempuh jarak 11 kilometer per
liternya. Dibekali pula dengan kapasitas tanki bensin 75 liter. Tapi itu semua
tetap kembali pada cara kita menginjak pedal gasnya.
Dari sisi desain, H-1 ini
memberikan sentuhan baru berupa lekukan body yang lebih tajam. Untuk pasaran
Indonesia, varian XG ini memiliki tambahan fitur seperti wood grain panel pada
dudukan head unit, roof monitor 10 inci, head unit touch screen Kenwood 7 inci,
dan lampu depan Xenon.
Mari kita kupas satu per satu:
1)
Eksterior
2016 Hyundai H-1 Royale - Bali |
Jika Anda melihatnya, maka
pahatan tajam terlihat pada garis lengkung di fender depan dan belakang, serta alur
garis yang membentang dari depan hingga belakang. Pada model baru ini, garnish
chrome untuk foglamp dekat LED DRL, gril depan yang lebar berlaburkan krom
seakan menegaskan sosoknya yang mewah. Grilnya besar juga kan? Oh ya, lampu
depan mobil yang panjangnya 5,1 meter ini sudah HID, tapi belum projector.
Dengan posisi duduk yang
tinggi, dan disokong oleh jendela depan yang lebar, kemudian penempatan pilar A
yang rendah, membuat visibilitas H-1 layak diacungi jempol. Jelas visibilitas
tersebut akan sangat membantu pengemudi ketika melewati jalan sempit.
2016 Hyundai H-1 Royale - Bali |
Velg Hyundai H-1 facelift ini
baru desainnya, dan untuk yang Royale seperti ini, ukurannya cukup besar, yakni
18 inchi. Desainnya juga bagus dan finishing warnanya lumayan simpel. Bannya
memakai ukuran 235/55. H-1 memberikan fitur Electronic Stability Program (ESP)
dan ABS di keempat rodanya, dimana seluruhnya mengaplikasi cakram berventilasi.
Dengan sistem rem ini, H-1 sanggup memberikan daya henti lembut, namun juga
bisa direspon agresif tatkala pengemudi ingin melakukan pengereman keras. Dari
samping, kita bisa melihat ada side skirt di bawah dan flush Glass di kaca
pintu penumpang baris kedua, dan di tipe Royale, pintu gesernya sudah elektrik
untuk yang sisi kiri saja sedangkan yang kanan masih manual. Kenapa dibuat
seperti itu? Hal itu dilakukan untuk jaga-jaga jika aki soak, maka masih ada
pintu yang bisa dibuka secara manual.
2016 Hyundai H-1 Royale - Bali |
Fitur lain yang membantu
pengemudi adalah kamera belakang yang menampilkan berbagai objek dibelakang
mobil melalui monitor ketika memarkirkan mobil. Dilengkapi pula dengan 4 titik
sensor kamera.
2)
Interior
2016 Hyundai H-1 Royale - Bali |
Desain dashboard dari H-1 terbuat
dari plastik yang pengerjaannya cukup bagus. Hal itu terlihat dari tidak adanya
plastik tipis maupun dashboard yang bergoyang ketika ditekan. Duduk sebagai
pengemudi di H-1 ini mungkin bukanlah cara menikmati H-1 yang paling baik.
Pengaturan setirnya pun menggunakan tilt
steering. Desain panel terdiri dari instrument, MID, steering switch
control untuk audio mobil ini. Di sisi kanan supir, ada tombol untuk lampu
kabin, pencahayaan panel instrumen, pengoperasian serta penonaktifan pintu
geser elektrik. Di depan sudah ada dual airbags dan lapisan kulit berkerut di
doortrim-nya, detail ini seperti di Mercedes Benz E-Class W211.
Head unit H-1 cukup bagus
karena telah memiliki double DIN dan bisa untuk DVD, CD, MP3, USB dan radio.
Hyundai H-1 ini memang tidak punya paddle shift, tapi sudah punya mode manual
secara tiptronic di tuas transmisinya. Bentuk AC digitalnya sendiri cukup bagus
dan untuk tipe Royale, semua joknya sudah kulit.
2016 Hyundai H-1 Royale - Bali |
Di kabin depan terdapat banyak
laci dan tempat penyimpanan, cup holder serta kantung pintu yang besar. Jok di
antara pengemudi dan penumpang depan pun bisa dibuat jadi tempat penyimpanan
jika tidak ada yang mau duduk di situ.
2016 Hyundai H-1 Royale - Bali |
Untuk pembeli H-1 Royale seharusnya
sangat menikmati mobilnya di kabin baris kedua. Berkat ukurannya yang super
besar, kabin baris kedua ini super lega. Kursi Ottoman adalah standar bagi H-1
Royale, dan jika anda pecinta kenyamanan, cobalah duduk di kursi ini, karena
nyamannya luar biasa. Hal ini belum tentu didapatkan di MPV Jepang sejenis.
Selega-leganya MPV Jepang yang dikenal, mobil ini masih jauh lebih lega.
Legroom dan headroom sangat
terasa lega dan dengan kursi Ottoman ini kita bisa mengatur sandaran punggung
dan kakinya secara elektrik hingga benar-benar rileks, nikmat sekali! Selain itu
juga jarak sliding pergeseran jok nya sangat jauh.
3)
Mesin
2016 Hyundai H-1 Royale - Bali |
Pilihan mesin H-1 adalah bensin
2.500 cc dan turbo diesel 2.400 cc. Yang bensin, tenaganya 175 PS/6000 rpm dan
torsinya 23.2 kgm/4200 rpm, sementara yang diesel tenaganya mencapai 170 PS/3800
rpm dan torsinya 40.0 kgm/2000-2500 rpm. Transmisi varian bensin dan diesel
sendiri sangat beda, di mana yang bensin masih pakai 4 percepatan, sementara
yang diesel sudah 5 percepatan.
Kami rekomendasikan yang diesel
jika anda masih ingin performa yang bagus, tapi tetap kami ingatkan untuk tidak mengisinya dengan solar murah kecuali
dalam kondisi darurat di mana tidak ada solar bagus, bukan darurat tidak ada dana
untuk isi solar bagus. Selain itu, radius belok H-1 yang hanya 5,6 meter juga tergolong bagus untuk mobil yang
panjangnya 5,1 meter ini.
Kesimpulan
Membayar Rp 544.500.000,00 untuk H-1 Royale bensin dan Rp 609.500.000,00 untuk H-1 Royale diesel
baru wilayah Bali, sepertinya sudah jelas apa yang akan didapatkan konsumennya.
Di samping kabin super lega dan kenyamanan yang bagus, kita bisa dapat kualitas
pengerjaan yang rapi, performa mesin diesel yang mumpuni, kabin yang fleksibel,
ruang kargo yang lega, dan berbagai kelebihan lain yang membuat mobil ini
menarik untuk dimiliki ketimbang mobil lain.
Tidak lupa disertakan di sini bahwa Hyundai menjamin H-1 dengan garansi mesin 5 tahun atau 150.000 km dan Buy Back Guarantee 3 tahun atau 65.000 km. Disediakan pula servis gratis pada kilometer 1.000 dan 10.000.
Materi dikumpulkan dari
berbagai sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar