Jumat, 19 Agustus 2016

2016 Hyundai H-1 Indonesian Review



Haloooo pembaca semuanyaa… kembali lagi di sini setelah sekian lama ini blog tidak tersentuh..hehehe..maaf banyak aktifitas lapangan soalnya.. nah, kali ini Eggy akan menulis review tentang salah satu mobil Hyundai yang masuk di kelas MPV premium, yaitu Hyundai H-1. Ada beberapa tipe H-1, seperti Elegance Gasoline (bensin), XG Gasoline (bensin), XG CRDi (diesel), Royal Gasoline (bensin), Royal CRDi (diesel).
Secara eksterior bisa dibilang mirip, yang berbeda adalah bagian interiornya, terutama pengaturan tempat duduk. Untuk tipe Elegance, pengaturan tempat duduk dibuat untuk 12 orang; tipe XG pengaturannya untuk 9 orang; tipe Royale memiliki pengaturan tempat duduk untuk 8 orang dengan tipe tempat duduknya Ottoman.
Pada H-1 2016 ini, tenaga yang dihasilkan mencapai 170 hp pada 3.800 rpm, sementara torsinya 40.0 kgm pada rentang 2.000 - 2.500 rpm. Berbekal pada teknologi tersebut, Hyundai mengklaim mesin diesel 2.5 liter CRDi yang tersemat sanggup menempuh jarak 11 kilometer per liternya. Dibekali pula dengan kapasitas tanki bensin 75 liter. Tapi itu semua tetap kembali pada cara kita menginjak pedal gasnya.
Dari sisi desain, H-1 ini memberikan sentuhan baru berupa lekukan body yang lebih tajam. Untuk pasaran Indonesia, varian XG ini memiliki tambahan fitur seperti wood grain panel pada dudukan head unit, roof monitor 10 inci, head unit touch screen Kenwood 7 inci, dan lampu depan Xenon.
Mari kita kupas satu per satu:

1)      Eksterior

2016 Hyundai H-1 Royale - Bali
Jika Anda melihatnya, maka pahatan tajam terlihat pada garis lengkung di fender depan dan belakang, serta alur garis yang membentang dari depan hingga belakang. Pada model baru ini, garnish chrome untuk foglamp dekat LED DRL, gril depan yang lebar berlaburkan krom seakan menegaskan sosoknya yang mewah. Grilnya besar juga kan? Oh ya, lampu depan mobil yang panjangnya 5,1 meter ini sudah HID, tapi belum projector.
Dengan posisi duduk yang tinggi, dan disokong oleh jendela depan yang lebar, kemudian penempatan pilar A yang rendah, membuat visibilitas H-1 layak diacungi jempol. Jelas visibilitas tersebut akan sangat membantu pengemudi ketika melewati jalan sempit. 

2016 Hyundai H-1 Royale - Bali


Velg Hyundai H-1 facelift ini baru desainnya, dan untuk yang Royale seperti ini, ukurannya cukup besar, yakni 18 inchi. Desainnya juga bagus dan finishing warnanya lumayan simpel. Bannya memakai ukuran 235/55. H-1 memberikan fitur Electronic Stability Program (ESP) dan ABS di keempat rodanya, dimana seluruhnya mengaplikasi cakram berventilasi. Dengan sistem rem ini, H-1 sanggup memberikan daya henti lembut, namun juga bisa direspon agresif tatkala pengemudi ingin melakukan pengereman keras. Dari samping, kita bisa melihat ada side skirt di bawah dan flush Glass di kaca pintu penumpang baris kedua, dan di tipe Royale, pintu gesernya sudah elektrik untuk yang sisi kiri saja sedangkan yang kanan masih manual. Kenapa dibuat seperti itu? Hal itu dilakukan untuk jaga-jaga jika aki soak, maka masih ada pintu yang bisa dibuka secara manual.

2016 Hyundai H-1 Royale - Bali


Fitur lain yang membantu pengemudi adalah kamera belakang yang menampilkan berbagai objek dibelakang mobil melalui monitor ketika memarkirkan mobil. Dilengkapi pula dengan 4 titik sensor kamera.

2)      Interior

2016 Hyundai H-1 Royale - Bali
Desain dashboard dari H-1 terbuat dari plastik yang pengerjaannya cukup bagus. Hal itu terlihat dari tidak adanya plastik tipis maupun dashboard yang bergoyang ketika ditekan. Duduk sebagai pengemudi di H-1 ini mungkin bukanlah cara menikmati H-1 yang paling baik. Pengaturan setirnya pun menggunakan tilt steering. Desain panel terdiri dari instrument, MID, steering switch control untuk audio mobil ini. Di sisi kanan supir, ada tombol untuk lampu kabin, pencahayaan panel instrumen, pengoperasian serta penonaktifan pintu geser elektrik. Di depan sudah ada dual airbags dan lapisan kulit berkerut di doortrim-nya, detail ini seperti di Mercedes Benz E-Class W211.
Head unit H-1 cukup bagus karena telah memiliki double DIN dan bisa untuk DVD, CD, MP3, USB dan radio. Hyundai H-1 ini memang tidak punya paddle shift, tapi sudah punya mode manual secara tiptronic di tuas transmisinya. Bentuk AC digitalnya sendiri cukup bagus dan untuk tipe Royale, semua joknya sudah kulit.

2016 Hyundai H-1 Royale - Bali
Di kabin depan terdapat banyak laci dan tempat penyimpanan, cup holder serta kantung pintu yang besar. Jok di antara pengemudi dan penumpang depan pun bisa dibuat jadi tempat penyimpanan jika tidak ada yang mau duduk di situ.

2016 Hyundai H-1 Royale - Bali


Untuk pembeli H-1 Royale seharusnya sangat menikmati mobilnya di kabin baris kedua. Berkat ukurannya yang super besar, kabin baris kedua ini super lega. Kursi Ottoman adalah standar bagi H-1 Royale, dan jika anda pecinta kenyamanan, cobalah duduk di kursi ini, karena nyamannya luar biasa. Hal ini belum tentu didapatkan di MPV Jepang sejenis. Selega-leganya MPV Jepang yang dikenal, mobil ini masih jauh lebih lega.
Legroom dan headroom sangat terasa lega dan dengan kursi Ottoman ini kita bisa mengatur sandaran punggung dan kakinya secara elektrik hingga benar-benar rileks, nikmat sekali! Selain itu juga jarak sliding pergeseran jok nya sangat jauh.

3)      Mesin

2016 Hyundai H-1 Royale - Bali
Pilihan mesin H-1 adalah bensin 2.500 cc dan turbo diesel 2.400 cc. Yang bensin, tenaganya 175 PS/6000 rpm dan torsinya 23.2 kgm/4200 rpm, sementara yang diesel tenaganya mencapai 170 PS/3800 rpm dan torsinya 40.0 kgm/2000-2500 rpm. Transmisi varian bensin dan diesel sendiri sangat beda, di mana yang bensin masih pakai 4 percepatan, sementara yang diesel sudah 5 percepatan.
Kami rekomendasikan yang diesel jika anda masih ingin performa yang bagus, tapi tetap kami ingatkan untuk tidak mengisinya dengan solar murah kecuali dalam kondisi darurat di mana tidak ada solar bagus, bukan darurat tidak ada dana untuk isi solar bagus. Selain itu, radius belok H-1 yang hanya 5,6 meter  juga tergolong bagus untuk mobil yang panjangnya 5,1 meter ini.


Kesimpulan

Membayar Rp 544.500.000,00 untuk H-1 Royale bensin dan Rp 609.500.000,00 untuk H-1 Royale diesel baru wilayah Bali, sepertinya sudah jelas apa yang akan didapatkan konsumennya. Di samping kabin super lega dan kenyamanan yang bagus, kita bisa dapat kualitas pengerjaan yang rapi, performa mesin diesel yang mumpuni, kabin yang fleksibel, ruang kargo yang lega, dan berbagai kelebihan lain yang membuat mobil ini menarik untuk dimiliki ketimbang mobil lain.
Tidak lupa disertakan di sini bahwa Hyundai menjamin H-1 dengan garansi mesin 5 tahun atau 150.000 km dan Buy Back Guarantee 3 tahun atau 65.000 km. Disediakan pula servis gratis pada kilometer 1.000 dan 10.000.


Materi dikumpulkan dari berbagai sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar